Logo

Koto Baru Dicanangkan Jadi Desa Cantik

Dipublikasikan oleh admin - 20 September 2024 - 86 Dilihat
Berita IMG

· Desa Cinta Statistik Perdana di Kabupaten Merangin

 

Bangko- Desa Koto Baru Kecamatan Tabir Lintas yang cukup matang dalam pengelolaan data, dicanangkan menjadi Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) perdana di Kabupaten Merangin.

 

Pencanangan Desa Cantik tersebut, dilakukan Pj Bupati Merangin H Mukti, melalui Kadis Kominfo M Arief, didampingi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Merangin Kuswan Gunanto, Jumat (20/9).

 

‘’Desa Cantik adalah program percepatan dari Badan Pusat Statistik dalam lingkup wilayah desa/kelurahan, untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa,’’ujar M Arief.

 

Sehingga perencanaan pembangunan desa lanjut Kadis Kominfo Merangin, menjadi lebih tepat sasaran. Penunjukkan Desa Cantik diawali dari koordinasi antara BPS dengan Dinas Kominfo Merangin.

 

Dari koordinasi tersebut, terpilihlah Desa Koto Baru sebagai Calon Desa Cantik tahun 2024. ‘’Jadi mulai hari ini Jumat, 20 September 2024 Desa Koto Baru secara resmi telah dicanangkan sebagai Desa Cantik 2024,’’terang Kadis Kominfo Merangin.

 

Terpisah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Merangin Kuswan Gunanto menegaskan pentingnya ketersediaan data di lingkungan Pemerintah yang berjenjang, dari tingkat desa, kecamatan, sampai dengan tingkat kabupaten.

 

‘’Data merupakan komponen utama yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan di suatu wilayah. Desa Cantik filosofi yang menekankan pentingnya desa sebagai penyedia data statistik yang akurat dan dapat dipercaya,’’terang Kuswan.

 

Desa lanjut Kuswan Gunanto, bukan hanya sekedar tempat tinggal penduduk, tetapi juga menjadi sumber data yang sangat berharga dalam perencanaan pembangunan di wilayah tersebut.

 

Sedangtkan tujuan dibentuknya Desa Cantik tersebut jelas Kuswan Gunanto, untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

 

Disamping itu juga untuk terciptanya standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik dan untuk optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik, sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran.

 

Tampak hadir pada pencanangan Desa Cantik tersebut, Inspektur Merangin Defi Martika, Sekdin Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Merangin Samsul Akiar, Sekdin Bappeda Merangin Lidya, Camat Tabir Lintas Murliadi, Kades Koto Baru Ade Sadria dan sejumlah undangan lainnya. (teguh/kominfo)

Share: